Sunday, February 21, 2016

Kerajinan dari Tanah Liat Sederhana yang Mudah dibuat

Kerajinan dari Tanah Liat Sederhana yang Mudah dibuat - Struktur tanah liat yang lengket dan susah menyerap air sangat cocok dijadikan berbagai olahan kerajinan tangan dan salah satunya adalah sering dijadikan sebagai bahan utama pembuatan tembikar. Tanah liat dihasilkan dari alam, yang bersal dari pelapukan kerak bumi yang sebagian besar  tersusun oleh batuan feldspatik, terdiri dari batuan granit dan batuan beku. Kerak bumi terdiri dari unsur unsur seperti silikon, oksigen, dan aluminium. Aktivitas panas bumi membuat pelapukan batuan silika oleh asam karbonat. kemudian membentuk terjadinya tanah liat.Tekstur yang lunak dan mudah dibentuk menjadikan tanah liat sangat cocok untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan seperti patung, guci, mangkuk, cangkir, patung dsb. Selain itu tanah liat jika dibakar dengan suhu tertentu akan semakin kuat dan tanah terhadap cuaca.

Pada umumnya ada beberapa kerajinan tangan yang bisa kita hasilkan dari tanah liat ini, namun bagi Anda yang diberi tugas oleh guru dan ingin mencari kerajinan tangan yang mudah dibuat serta sederhana dari tanah liat, mungkin beberapa contoh kerajinan tangan berikut ini bisa menginspirasai Anda dan memberikan Anda ide untuk membuat kerajinan tangan dari tanah liat tersebut!


Kerajinan Tangan Dari Tanah Liat


Sumber gambar:indonesian.alibaba.com



Pada umumnya yang sering dibuat dari tanah liat adalah patung atau aneka karakter seperti bianatang, kartun atau manusia, semua itu tentu tergantung dari kealian sang pembuat. Untuk lebih lengket sebaiknya gunakan minyak makan atau minyak kelapa. Dengan menggunakan minyak tidak hanya membuatnya semakin kuat bentuknya akan terlihat lebih cerah da cantik...

Sumber gambar: indonesian.alibaba.com


Vareasi bentuk dan warna kerajinan tangan dari tanah liat bisa disesuaikan dengan tema yang Anda buat. Karena memberikan terlalu banyak warna juga akan membuat kerajinan tampak lebih indah, namun jika Anda ingin kerajinan tersebut tampak sederhana atau alami, maka jangan memberi pewarna terlalu banyak.


Sumber gambar: rplwirausaha2.blogspot.co.id

Gambar diatas adalah contoh dari Kerajinan dari tanah liat sederhana dan mudah dibuat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membentukanya seperti bintang kemudian memberi tatakan dibawahnya. 

Sumber: elevenia.co.id

Gambar diatas adalah Cara Membuat Kerajinan Tangan angry birds dari tanah liat mudah, bagi Anda yang bingung menentukan kerajinan tanga yang anak Anda buat, mungkin angry birds bisa menjadi ide yang baik, selain itu agar lebih mengkilat dan mudah dibentuk saran kami agar Anda mengguakan minyak makan dan setelah semuanya selesai jemur disinar matahari bia perlu diwarnai agar terlihat seperti sungguhan.

Baca Juga:  Aneka Kerajinan Tangan Gelang Dari Tali Cantik Dan Unik


Sumber gambar: cjoeniani.wordpress.com

Melalui laman cjoeniani.wordpress, saya sangat terinspirasi dengan hasil kerajinan tangan dari tanah liat sederhana yang dibuat oleh ibu ini. Disini dia pergi ke Rumah Gerabah yang  bertetanggaan dengan  Rumah Batik di Taman Pintar Yogyakarta, lokasinya bersebelahan. Dia membuat gerabah dari tanah liat bersama anaknya!

Mungkin sebagian dari Anda ada yang bertanya dimana saya bisa mendapatkan tanah liat yang aman dan bagus? Sekarang ini ada beberapa toko online yang menyediakan penjualan tanah liat yang aman dan mudah dibuat, jika Anda berenan Anda bisa membelinya melalui elevenia.co.id

Tidak banyak, mungkin ada beberapa saja kerajinan tangan yang bisa kami posting, sebenarnya jika kita lebih kreatif keajinan tangan dari tanah liat itu sebenarnya banyak sekali. Beberapa gambar diatas mungkin bisa menginspirsi Anda dalam membuat kerajian tangan dari tanah liah...

Related Article

Kerajinan dari Tanah Liat Sederhana yang Mudah dibuat
4/ 5
Oleh

Subscribe

Like this article? Please feel free to subscribe via email